top of page

5 Hal Penting Dalam Merencanakan Pesta Pernikahan

Anda mungkin sudah memiliki gambaran serta angan-angan bersama dengan pasangan untuk melangsungkan pesta pernikahan, tentu saja impian bersama pasangan Anda membuat Anda diselimuti rasa bahagia, meski begitu apa Anda juga pernah merasa bingung sekaligus stress bersamaan? Belum mengetahui pasti langkah apa yang harus Anda lakukan pertama kali? Apalagi pada era new normal sekarang ini?



Pada era new normal sekarang tidak sedikit pasangan yang melangsungkan pernikahannya dengan konsep pernikahan yang santai, intim, dan hanya dihadiri oleh keluarga dan teman-teman terdekat. Pernikahan dengan konsep ini seharusnya bisa lebih leluasa dan menyenangkan jika dibanding dengan konsep pernikahan yang megah dengan banyaknya tamu undangan.


Walau demikian, tentu Anda tetap harus mengetahui hal pertama yang perlu dipersiapkan dan dilakukan, karena ini adalah pengalaman pertama Anda dalam merancang momen sakral perayaan hari paling bahagia Bersama pasangan. Berikut 5 tips yang akan diulas supaya Anda dapat mempersiapkannya dengan matang.


  1. Wedding Organizer yang akan membantu Anda: Pada era new normal ini, bisa saja Anda memilih konsep pesta dalam skala yang tidak besar, yang dihadiri keluarga dan teman terdekat, tentunya dapat memberi suasana hangat dan intim. Namun tetap saja keberadaan wedding organizer atau wedding planner di sisi Anda dapat sangat membantu persiapan perayaan pernikahan Anda bersama pasangan. Siapapun wedding organizer yang Anda pilih, tentunya mereka dapat membantu Anda merancang pesta secara maksimal dengan memberi referensi vendor-vendor terbaik dan tepat untuk Anda. Jadi, langkah pertama yang cukup penting adalah Anda harus menemukan wedding organizer pilihan Anda untuk merancang berlangsungnya hari paling bahagia Anda bersama pasangan.

  2. Tentukan Tanggal: Pada langkah ini, Anda tidak akan menentukannya sendiri bersama pasangan. Diskusikan tanggal pernikahan dengan orang tua dan keluarga inti dari dua belah pihak. Terkadang pihak orang tua menyerahkan keputusan ini kepada anaknya, tetapi tidak ada salahnya Anda dan pasangan meminta pendapat mengenai tanggal pernikahan yang tepat, ini menunjukkan bahwa Anda dan pasangan berusaha menghormati mereka. Selain tanggal pernikahan, Anda dan pasangan juga bisa meminta saran dan menentukan konsep pesta bersama-sama. Contohnya diskusikan apabila memutuskan lokasi pernikahan pada tempat outdoor, maka pastikan waktu pernikahan tidak pada saat musim hujan. Atau bila Anda memilih lokasi di venue yang besar dan terkenal, maka hindari bulan-bulan di akhir tahun.

  3. Memilih Tempat Pesta Pernikahan: Tempat akan berlangsungnya pesta pernikahan tentun harus sesuai dengan konsep yang sudah ditetapkan. Apakah itu adalah pesta dengan konsep intim di sebuah taman dengan dekorasi bunga cantik berwarna-warni menyejukkan mata, dimana Anda, keluarga, teman terdekat dapat menikmati hidangan di sebuah meja panjang, besar, yang menyatukan semua hadirin? Pesta yang berlokasi di roof-top gedung tinggi sekaligus menikmati pemAndangan kota dan langit sore hari yang terlihat indah? Pesta dengan lokasi pantai yang menyegarkan ditambah dengan eloknya senja? Apa pun konsep pesta impian Anda, Anda dapat menentukan sesuka hati, yang pasti sesuaikan dengan budget, ya!

  4. Vendor-Vendor Pendukung Pesta: Setelah Anda memutuskan siapa wedding organizer yang telah Anda pilih, Anda dapat berdiskusi dengan pihak wedding organizer, mana saja vendor yang cocok untuk mendukung berlangsungnya pesta. Biasanya wedding organizer sudah memiliki list vendor terbaik yang mereka ketahui, atau mungkin Anda sudah menemukan sendiri beberapa vendor yang menurut Anda cocok, Anda dapat kembali meminta saran kepada pihak wedding organizer dan berdiskusi lebih lanjut mengenai berapa budget yang dipersiapkan. Untuk mengetahui lebih detail, Anda juga bisa bertemu baik secara langsung maupun online dengan vendor yang akan menjadi pilihan Anda.

  5. Berkunjung ke situs ini (Libracake): Sebelum pandemi, Anda bersama pasangan dapat dengan mudah mengunjungi pameran pernikahan yang besar untuk mendapatkan ide referensi. Namun Anda tidak perlu khawatir, mencari referensi tidak harus selalu mengunjungi pameran secara langsung, Anda juga bisa mengakses internet untuk mendapatkan info pernikahan, wedding organizer, vendor-vendor, atau tips-tips lainnya mengenai persiapan pesta pernikahan. Tips persiapan melangsungkan pernikahan yang lebih detail juga dapat Anda akses di situs (Libracake) loh!

bottom of page