Jangan Buru-Buru, Ini Lah 7 Tahapan Persiapan Pernikahan

Hari pernikahan tentunya dianggap hari paling spesial, hari paling dinantikan oleh setiap pasangan yang berencana untuk merayakannya. Sebelum hari pernikahan tiba, banyak sekali hal yang harus Anda persiapkan Bersama dengan pasangan. Anda juga pasti tidak ingin ‘kan hari terpenting di dalam hidup Anda berjalan dengan biasa-biasa saja? Maka dari itu persiapan ini harus sudah dirancang dari jauh-jauh hari, bahkan dapat dirancang setahun sebelum hari H tiba.

Supaya perencanaan lebih matang, tahapan persiapan pernikahan dapat Anda rancang secara bertahap dalam hitungan atau jangka waktu bulanan hingga mingguan, seperti jangka waktu satu tahun sampai enam bulan sebelumnya, lima sampai empat bulan sebelumnya, tiga sampai dua minggu, hingga menjelang hari H pernikahan.

Berikut penjabaran lebih lengkap dan detail tahapan persiapan pernikahan yang dapat Anda gunakan sebagai gambaran atau referensi perencaan agar moment spesial dalam hidup Anda berjalan dengan luar biasa!

12 sampai 6 bulan sebelum hari H

Pada tahapan ini pertama-tama dan yang terpenting, Anda dapat menetapkan terlebih dahulu hari dan tanggal pernikahan yang akan Anda selenggarakan. Berikutnya Anda dapat menentukan hal lainnya seperti anggaran dan konsep pernikahan yang diinginkan. Tentukan juga tempat pernikahan, bahkan Anda bisa langsung memesannya setelah menentukan, sebelum tempat yang Anda gunakan justru sudah dipesan orang lain. Jangan lupa jumlah tamu yang akan diundang serta daftar tamu, siapa saja yang akan Anda undang.

Tentukan pengiring wanita, pengiring pria dan pengiring-pengiring lainnya. Untuk Anda yang menggunakan konsep pernikahan tradisional, bisa persiapkan pager ayu dan pager bagus. Lalu pilih dan kunjungi desainer Anda, tentukan dan pilih gaun pengantin yang sesuai dengan konsep pernikahan Anda. Tidak kalah penting cincin kawin, ya! Survey juga harga cincin kawin sebelum membelinya. Selanjutnya Anda bisa memilih dan pesan catering, menu apa saja yang akan Anda sajikan di hari pernikahan.

Terakhir, Anda bersama pasangan dapat berdiskusi untuk tujuan honeymoon, lakukanlah pemesanan tempat, transportasi, dan hal lainnya yang dapat membuat honeymoon Anda berjalan menyenangkan.

5 sampai 4 bulan sebelum hari H

Selesaikan daftar tamu yang sudah Anda rancang sebelumnya, bersamaan dengan kartu undangan, Anda dapat memilih desain seperti apa yang Anda inginkan lalu memesannya. Hubungi pendeta atau penghulu, tentukan waktu, dan tempat dimana pemberkatan atau akad nikah akan dilangsungkan.

Selanjutnya Anda dapat kembali mengunjungi desainer untuk mentukan tema warna gaun baju pengantin yang akan dikenakan serta bunga-bunga dekorasi. Disini Anda dapat sekaligus memilih gaun, kebaya, jas, atau pakaian sesuai dengan tema kepada ibu, calon mertua, atau bahkan pengiring pengantin wanita dan pengantin pria. Tempat penyewaannya tidak harus di tempat desainer yang sama, namun pada bulan ini pastikan Anda sudah memilih gaun, kebaya, atau jasnya, ya!

Tahap berikutnya menyangkut dekorasi pelaminan, pilih dan tentukan dekorasi pelaminan dan ruang pestanya. Jangan lupakan fotografer, liputan dan video yang akan merekam moment hari bahagia Anda, pilih dan hubungi studio pilihan Anda. Lalu pilih dan pesan kendaraan pengantin dan panitia, booking MC dan musik pengiring pesta pernikahan. Untuk kue pengantin, Anda bisa memilihnya juga, biasanya bisa saja kue pernikahan sudah menjadi satu paket dengan catering.

Terakhir pada tahapan ini, cincin kawin! Setelah sebelumnya Anda survey harga cincin kawin, Anda bisa memesannya pada tahapan ini.

3 sampai 2 bulan sebelum hari H:

Setelah menghubungi penghulu pada tahap sebelumnya, pada tahap ini anda bisa mengambil formulis pendaftaran pernikahan, siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Serta lakukan pengecekan Kesehatan pra-nikah.

Berikutnya ada dapan mengonfirmasi persiapan honeymoon. Buat paspor bila anda berencana honeymoon di luar negeri.

Lalu hubungi Kembali desainer anda untuk menentukan waktu untuk mengepas gaun atau fitting.

8 sampai 6 minggu sebelum hari H:

Tulis dan atur pengiriman undangan untuk kerabat. Selesaikan pula menu makanan yang anda pesan di pihak catering. Juga siapkan bingkisan uuntuk para pengiring, bingkisan yang akan mereka bawa di hari H pernikahan anda. Konsultasi dengan MC dan acara pernikahan untuk berdiskusi mengenai keseluruhan acara dan musik pengiring.

Anda juga harus memutuskan penata rambut beserta dengan model tata rambut yang ingin digunakan, setelah memutuskan anda juga dapat test make-up dan hair-do pada tahapan ini.

5 sampai 4 minggu sebelum hari H:

Kirimkan kartu undangan kepada kerabat, untuk menghemat budget, tidak ada salahnya mengirimkan undangan via e-mail kepada kerabat yang berada di luar kota, atau bahkan Anda memang sudah memilih undangan dalam bentuk digital seperti web undangan online sejak awal.

Ambil pesanan cincin kawin, pastikan model, grafir inisialnya tepat dan benar. Jika Anda berencana melangsungkan honeymoon di luar negeri, Anda bisa mulai pesan traveller cheque atau mata uang asing untuk honeymoon Anda.

3 sampai 2 minggu sebelum hari H:

Susun jadwal acara pernikahan, Anda dapat mendiskusikannya bersama MC acara. GAndakan berkas susunannya dan berikan masing-masing kepada keluarga pengantin, para pengiring, panitia, supir, petugas photo dan video.

Konfirmasi ulang jumlah undangan serta hal lain kepada pengurus gedung dan pengurus catering. Lakukan hal yang sama kepada bagian dekorasi, konfirmasi detail untuk bunga, sewa kendaraan, photographer, kue, mobil, pemain musik dan yang lainnya.

Fitting time! Cobalah gaun pengantin, berikut dengan aksesorisnya, periksa ukuran, kenyamanan dan apabila ada yang harus disempurnakan. Biasakan berlatih menggunakan sepatu yang akan digunakan di hari pernikahan agar terbiasa dan terasa lebih nyaman. Lakukan facial dan lulur ke ahlinya. Jangan lakukan facial berdekatan dengan hari pernikahan Anda. Karena jika kulit sensitif akan memerlukan waktu yang lama (berhari-hari) untuk memulihkannya, itulah mengapa lebih tepat jika Anda melakukan facial pada tahapan ini.

Terakhir, siapkan barang-barang yang akan dibawa ke rumah baru.

1 Minggu sebelum Hari-H:

Untuk Anda dan pasangan, bersantailah! Relax yakinkan semuanya akan berjalan lancar. Jika memang dibutuhkan, Anda dapat mengonfirmasi sekali lagi semua pesanan yang telah dilakukan, sekedar untuk mengingatkan. Pada tahapan ini Anda juga bisa mulai berkemas untuk periapan honeymoon.Selamat menempuh hidup baru dan selamat merayakan hari bahagia! Semoga tahapan persiapan pernikahan yang dibagikan ini